Cara Mengatasi Laptop Lemot Dijamin 100% Berhasil!


Cara Mengatasi Laptop Lemot – Kali ini saya punya beberapa tips yang bakal bermanfaat buat kalian yang mempunya Laptop lemot atau yang ngerasa laptopnya sudah mulai lemot.

Jadi, untuk mengatasi laptop lemot semua Windows seperti,windows7windows8 dan windows10 ini ada 2 kategori penting ya teman-teman yang perlu kalian ketahui. Ada dua kategori penting yaitu, secara Hardware dan Software.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Secara Hardware

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dijamin 100%Berhasil!


1. Upgrade SSD

Kalau saat ini Laptop atau PC kalian masih menggunakan Harddisk Drive, Upgrade ke SSD bakalan memberikan impact yang besar banget. Laptop atau PC bakalan lebih cepat dan juga akan lebih responsif.

Atau jika kamu tetep ingin menggunakan Harddisk Drive, mungkin karena lebih murah ya atau kapasitas yang lebih besar ya setidaknya kamu bisa upgrade Harddisk Drive yang punya kecepatan RPM lebih tinggi.

Untuk SSD atau Harddisk Drive itu saya rekomendasi untuk menggunakan produk dari SEAGATE. Untuk Harddisk baik di PC maupun di Laptop sebaiknya menggunakan SEAGATE BARRACUDA dan untuk SSD menggunakan SEAGATE FIRECUDA.

Tapi yang paling penting ni buat kalian yang mau beli produk-produknya SEAGATE baik itu SSD atau Harddisk sebaiknya pastikan kamu beli yang ada segel garansi yang bertanda hologram MFI agar terjamin keasliannya.

Kemudian, jelas juga dukungan support nya dan harganya juga tetep bersaing teman-teman. Jadi, jangan sampai kalian beli produk SEAGATE yang tidak ada hologram MFI garansinya.

2. Tambah RAM Laptop

Ok tips yang kedua ini masih berhubungan dengan hardware yaitu dengan menambah ram laptop atau modul memori. Kamu lihat saja di PC atau Laptop masih ada slot kosong atau tidak, kalau memang ada kamu bisa tambah ram sesuai dengan spek memori yang udah terpasang.

Atau jika tidak ada slot kosong, kamu bisa upgrade ya atau beli ram yang kapasitas atau speed lebih dari ram yang kamu miliki saat ini. Tetapi, harus pastikan juga ram yang kamu beli atau baru support dengan motherboardnya karena jika tidak, akan tidak terpakai nantinya.

Dengan menambah ram yang lebih besar, performa untuk menjalankan multitasking dan aplikasi-aplikasi yang berat ini bakalan meningkat dan apalagi ram ini sekarang udah nggak terlalu mahal ya, jadi ini workit banget buat kamu coba dan buktikan.

3. Bersihkan Laptop

Tips yang ketiga, pastikan laptop kamu bersih dan jadi kamu bisa tu ya bersihkan debu-debu agar tidak ada yang nempel pada komponen-komponen Laptop atau PC. Ini penting sekali untuk menghindari overhead, karena Processor, grafik Card atau komponen lain yang tertutup debu ini akan rawan banget terkena overhead.

Karena jika sudah terkena overhead, maka akan sulit untuk dapat performa maksimal ya teman-teman. Saya sendiri untuk membersihkan Laptop atau PC dari debu menggunakan semprot Gas Suster. Tetapi, bisa juga ya menggunakan kuas lembut atau dengan meniup niupnya juga bisa.

Tetapi, saya rekomendasi banget sih ya untuk menggunakan semprot Gas Duster, karena lebih bersih hilang tanpa harus kontak langsung dengan komponen-komponen Laptop atau PC lainya. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal kok ya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Secara Software

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dijamin 100%Berhasil!

1. Kurangi Startup Program

Untuk tips kali ini saya amsumsikan laptop atau PC kamu menggunakan OS Windows ya dan kurangi Startup program. Karena semangkin banyak startup program, apalagi nantinya yang berjalan pada background maka akan memakan resource dan membuat laptop lemot.

Jadi kamu perlu cek ni melalui tab startup taks manager, kalau ada software yang berjalan otomatis pada startup padahal tidak kamu butuhkan maka matikan saja dengan mengeklik tombol Disable apalagi software yang kamu punya memiliki impact yang tinggi.

2. Matikan Animasi Windows

Jadi animasi yang tampil di windows memang bikin tampil cantik ya tapi sekaligus membuat jadi lebih berat, apalagi kalau spesifikasi laptop kamu yang pas-pasan atau standar.

Nah, kamu bisa matikan ajha animasi windows ini dari performance option, lalu di visual effek kamu pilih saja A just For Best Performance untuk mematikan animasi pada windows yang berjalan.

3. Uninstall Software 

Kamu bisa menguninstall software yang sudah tidak terpakai lagi termasuk jugak yang tidak penting. Karena bukan hanya penuh-penuhin akan memakan resource yang membuat laptop menjadi lemot atau berat.

4. Menghapus File Sampah 

Pada tips ini masih berhubungan dengan tips nomor 6 ya teman-teman yaitu dengan menghapus file sampah yang tidak berguna. Kamu bisa pakai disk clean up bawaan dari windows sendiri atau bisa juga memakai aplikasi CCleaner.

Ini penting, karena untuk dapat performa terbaik dari harddisk atau pun SSD. Saya rekomendasi file kamu agar tidak memenuhi sampai 90% space dan dari total space di Harddisk atau kalau SSD ini tidak sampai 75% agar performa laptop kamu tetap optimal.

Kalau sekarang sudah diatas itu, maka ini saatnya untuk bersih-bersih file sampah laptop yang tidak berguna. Baik itu file nya di hapus atau yang tidak berguna lagi di pindah ke media backup eksternal.

5. Rutin Update OS

Dan untuk tips ke delapan, ini pastikan OS kamu rutin terupdate begitu juga aplikasi dan driver ini pastikan juga terupdatet. Karena terkadang di update-update terbaru ini vendor atau developer merilis perbaikan yang berisi peningkatan performa dan juga dukungan yang lebih baik dengan hardware di laptop kamu.

6. Mengecek Software

Jadi ini bisa kamu periksa dan temukan apa saja yang membuat laptop kamu menjadi lemot. Jadi kalau sebelumnya lancar dan tiba-tiba lemot, coba deh cek di task manager software apa yang memakan resource paling banyak.

Kalau itu browser misalnya barangkali itu ada ekstensi atau add on yang bikin performa berat atau kalau di software yang tidak dipakai lagi atau tidak dipakai yang tinggal uninstall saja biar tidak ngabis-ngabisin resource kedepannya.

7. Aktifkan Performa Laptop

Bagi kalian yang membutuhkan performa laptop, kamu bisa ubah power option laptop dari balance menjadi high performance. Dengan cara ini memang laptop kamu akan lebih boros tetapi, performanya akan lebih meningkat.

8. Melakukan Defrag

Bagi kalian yang masih menggunakan Harddisk di laptop ataupun PC, kamu bisa melakukan Defrag atau Defragment Harddisk Drive. Jadi seiring berjalanya waktu ini ada data yang masuk dan juga data yang kehapus begitu terus akhirnya memunculkan fragmentasi data di Harddisk.

Nah, melakukan Defragment bisa mengurangi fragmentasi ini dan bikin performa laptop khususnya saat akses data ini jadi meningkat. Tetapi, buat kamu yang sudah tidak menggunakan Harddisk lagi atau sudah memakai SSD, tidak perlu lagi melakukan Defragmen ini.

9. Install Ulang Windows

Jika kalian sudah melakukan cara diatas tetapi tetap saja tidak bisa mengatasi laptop lemot, kamu bisa coba melakukan install ulang. Sekali-kali dari waktu penggunaan windows laptop menjadi semangkin berat dari waktu ke waktu dan menggunakan windows yang fress dan baru terinstall, laptop akan menjadi fress dan juga ringan.

10. Ganti OS

Jadi barangkali emang laptop kamu udah terlalu tua untuk OS terbaru saat ini kamu bisa ganti OS sekalian. Kamu bisa downgrade dari windows 10 ke windows 7 misalnya. Dan selama masih ada eksten support sih tidak masalah ya buat downgrade OS.

Ok teman-teman itu lah dia penjelasan informasi menarik tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah laptop lemot. Semoga bermanfaat,….